Wednesday, February 20, 2013

Sejarah Samsung

Posted by sigit s | 8:16 AM Categories:




Samsung Sebenarnya adalah perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar di dunia, dan berkantor pusat di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan .Perusahaan ini adalah perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Samsung Electronics adalah pemimpin pangsa pasar di dunia untuk lebih dari 60 produk, diantaranya adalah :
Semikonduktor, DRAM, SDRAM, Flash Memory, Hard Drive
Penampil Digital, LCD, Plasma, OLED
Perangkat elektronik, TV, Pemutar DVD, Pemutar Blu-ray o Home cinema, set-top box, Proyektor
Perangkat bergerak, Handphone, Pemutar MP3, Kamera Digital, Camcorder
Perangkat komputer, Monitor, Laptop, UMPC, Drive CD dan DVD, Printer laser, Faksimil
Perangkat rumah tangga, Kulkas, Mesin cuci, Microwave, Oven,  Penyedot debu,  AC.


 SAMSUNG memulai sejarahnya pada tahun 1938 awalnya sebagai perusahan trading, mengirimkan ikan kering dan buah-buahan ke Manchuria yang dikuasai Jepang. Pendirinya, Lee Byung-Chul. Lee Byung-Chul adalah anak dari keluarga tuan tanah kaya yang menggunakan warisan untuk membuka pabrik beras untuk usaha pertamanya. Usaha yang tidak terutama sukses jadi ia mendirikan bisnis angkutan truk di Daegu pada tanggal 1 Maret 1938, yang bernama Cheil, pendahulu untuk Samsung.
Lee Byung-Chul berkunjung secara rutin ke Tokyo untuk mempelajari taktik manajemen Jepang, dan dia menghabiskan 80% waktunya untuk merekrut orang dan mengembangkan orang-orang yang berpotensi. Setelah PD II dan Perang Korea, Samsung mendapatkan keuntungan dari program pembangunan kembali Korea dari pemerintah, dan di bawah kepemimpinan Lee, Samsung segera melebarkan usaha ke bidang pembuatan kapal, petrokimia dan pesawat terbang. Samsung memiliki lusinan bisnis berbeda seperti, semikonduktor (disini Samsung melakukan investasi besar-besaran khususnya chip-chip memory, yang penting untuk kebanyakan alat elektronik), layanan keuangan, jam, bahkan sebuah tim bisbol.

Samsung Elektronik merupakan divisi yang paling besar.Tahun 1987 Lee Byung-Chul meninggal, dan perusahaan Samsung jatuh ketangan putranya Lee Kun-Hee. Lee Kun-Hee saat ini merupakan orang terkaya di Korea, dengan aset sekitar 3,4 milliar US$ Di tangan Lee Kun-Hee Samsung Samsung menjadi salah satu penyumbang ekspor terbesar korea yang menyumbang 20 persen ekspor Korea. Lee Kun-Hee berencana mewariskan perusahaan Samsung pada Putranya Lee Jae Yong Pertama Kali Samsung Mengeluarkan Handphone Baru pada Dekade 90an, Samsung Group Mengeluarkan Mobile Phone… berawal mengikuti perkembangan jaman, Samsung Group mengeluarkan Produk Mobile Phone (handphone) yang ternyata LUmayan menarik Pasar Dunia. Hingga pada Tahun 1993 Samsung mengembangkan Ponsel Ringan SCH-800 GSM, serta tersedia Jaringan CDMA.Ditahun – tahun berikutnya, Samsung Group mengembangkan kembali Ponsel Pintar dan Gabungan Mp3 Player yaitu menjelang abad ke- 20.
Untuk saat ini, Samsung didedikasikan untuk Industri 3G, membuat Video, kamera, serta desain minimalis sesuai permintaan Pasar. Meski mengalami pertumbuhan yang lumayan meyakinkan, tapi Mobile Phone Samsung masih kalah dari Pesaing Nomor Satu Merk Nokia




ANALISIS ( S.W.O.T ) DALAM PERUSAHAAN
Samsung


  • Strength (kekuatan)

 Samsung memiliki  brand-image yang melekat di masyarakat.
 Samsung telah memprakarsai  Era  Digital.
 Samsung menawarkan produk-produk  yang  berkualitas
 Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
 Teknologi yang diciptakannya mengikuti  perkembanganjaman.
 Desain produk-produk  Samsung sangat baik dan diunggulkan.
 Harga produk-produk  Samsung  bervariasi dan rata-rata terjangkau
 Adanya diversifikasi/strategi penempatan produk
 Samsung merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item di antara produk Samsung, termasuk semi konduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.
 Pada tahun 2008 Samsung menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS, Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV dunia selama sembilan kali secara berturut-turut,
 Dengan pandangan kedepan, Samsung telah membuat kemajuan bersejarah di bidang semi  konduktor, termasuk  flash  memori  dan  non-memori, semi  konduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM, dan juga memproduksi LCD yang terbaik di kelasnya, telepon seluler, peralatan digital, dan lebih banyak lagi.
Samsung  mengadakan  partnership  dengan Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama.


  • Strength (kekuatan)

Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
 Budaya korporasi Korea yang tidak fleksibel.
 Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
 Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.


  • Opportunity (Kesempatan)

Produk-produk yang ditawarkan Samsung merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
Tingkat gengsi pada masyarakat  yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
Pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik yang tiada batas.
Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.


  • Threat (Ancaman)


Adanya ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus
Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar
Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus
Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara
Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.



0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube