Samsung Sebenarnya adalah
perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar di dunia, dan berkantor pusat
di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan .Perusahaan ini adalah
perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group,
yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Samsung Electronics
adalah pemimpin pangsa pasar di dunia untuk lebih dari 60 produk, diantaranya
adalah :
Semikonduktor, DRAM, SDRAM, Flash Memory, Hard Drive
Penampil Digital, LCD, Plasma, OLED
Perangkat elektronik, TV, Pemutar DVD, Pemutar Blu-ray o Home cinema, set-top box, Proyektor
Perangkat bergerak, Handphone, Pemutar MP3, Kamera Digital, Camcorder
Perangkat komputer, Monitor, Laptop, UMPC, Drive CD dan DVD, Printer laser, Faksimil
Perangkat rumah tangga, Kulkas, Mesin cuci, Microwave, Oven, Penyedot debu, AC.
SAMSUNG memulai
sejarahnya pada tahun 1938 awalnya sebagai perusahan trading, mengirimkan ikan
kering dan buah-buahan ke Manchuria yang dikuasai Jepang. Pendirinya, Lee
Byung-Chul. Lee Byung-Chul adalah anak dari keluarga tuan tanah kaya yang
menggunakan warisan untuk membuka pabrik beras untuk usaha pertamanya. Usaha
yang tidak terutama sukses jadi ia mendirikan bisnis angkutan truk di Daegu
pada tanggal 1 Maret 1938, yang bernama Cheil, pendahulu untuk Samsung.
Lee Byung-Chul berkunjung
secara rutin ke Tokyo untuk mempelajari taktik manajemen Jepang, dan dia
menghabiskan 80% waktunya untuk merekrut orang dan mengembangkan orang-orang
yang berpotensi. Setelah PD II dan Perang Korea, Samsung mendapatkan keuntungan
dari program pembangunan kembali Korea dari pemerintah, dan di bawah
kepemimpinan Lee, Samsung segera melebarkan usaha ke bidang pembuatan kapal,
petrokimia dan pesawat terbang. Samsung memiliki lusinan bisnis berbeda
seperti, semikonduktor (disini Samsung melakukan investasi besar-besaran
khususnya chip-chip memory, yang penting untuk kebanyakan alat elektronik),
layanan keuangan, jam, bahkan sebuah tim bisbol.
Samsung Elektronik merupakan
divisi yang paling besar.Tahun 1987 Lee Byung-Chul meninggal, dan perusahaan
Samsung jatuh ketangan putranya Lee Kun-Hee. Lee Kun-Hee saat ini merupakan
orang terkaya di Korea, dengan aset sekitar 3,4 milliar US$ Di tangan Lee
Kun-Hee Samsung Samsung menjadi salah satu penyumbang ekspor terbesar korea
yang menyumbang 20 persen ekspor Korea. Lee Kun-Hee berencana mewariskan
perusahaan Samsung pada Putranya Lee Jae Yong Pertama Kali Samsung Mengeluarkan
Handphone Baru pada Dekade 90′an, Samsung Group Mengeluarkan Mobile
Phone… berawal mengikuti perkembangan jaman, Samsung Group mengeluarkan Produk
Mobile Phone (handphone) yang ternyata LUmayan menarik Pasar Dunia.
Hingga pada Tahun 1993 Samsung mengembangkan Ponsel Ringan SCH-800 GSM, serta
tersedia Jaringan CDMA.Ditahun – tahun berikutnya, Samsung Group mengembangkan
kembali Ponsel Pintar dan Gabungan Mp3 Player yaitu menjelang abad ke- 20.
Untuk saat ini, Samsung didedikasikan untuk
Industri 3G, membuat Video, kamera, serta desain minimalis sesuai permintaan
Pasar. Meski mengalami pertumbuhan yang lumayan meyakinkan, tapi Mobile Phone
Samsung masih kalah dari Pesaing Nomor Satu Merk Nokia
ANALISIS ( S.W.O.T ) DALAM
PERUSAHAAN
Samsung
- Strength (kekuatan)
Samsung memiliki brand-image yang melekat di masyarakat.
Samsung telah memprakarsai Era Digital.
Samsung menawarkan produk-produk yang berkualitas
Samsung senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembanganjaman.
Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan.
Harga produk-produk Samsung bervariasi dan rata-rata terjangkau
Adanya diversifikasi/strategi
penempatan produk
Samsung merupakan pemegang pangsa pasar
global terbesar untuk tiga belas item di antara produk
Samsung, termasuk semi konduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA.
Pada tahun 2008 Samsung menduduki posisi pertama dalam pasar ponsel AS,
Menduduki posisi No.1 pangsa pasar TV dunia selama sembilan kali secara berturut-turut,
Dengan pandangan kedepan,
Samsung telah membuat kemajuan bersejarah di bidang semi konduktor,
termasuk flash memori dan non-memori, semi konduktor khusus pesanan, DRAM dan SRAM, dan juga memproduksi
LCD yang terbaik di kelasnya, telepon seluler, peralatan digital, dan lebih banyak lagi.
Samsung mengadakan partnership dengan Amerika dan perusahaan-perusahaan ternama.
- Strength (kekuatan)
Budaya Korea yang lebih menekankan hirerki yang dapat menghambat
ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
Budaya korporasi
Korea yang tidak fleksibel.
Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas.
Adanya tekanan
yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran-sasaran yang membuat karyawan berusaha menjual teknologi rahasia Samsung kepada para pesaingnya.
- Opportunity (Kesempatan)
Produk-produk yang ditawarkan
Samsung merupakan produk keperluan rumah tangga yang selalu dicari.
Adanya peningkatan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan.
Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih.
Pengaruh globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik
yang tiada batas.
Permintaan masyarakat pada produk-produk yang gaya, best practice, simple,
dan respon yang cepat pada perubahan-perubahan pasar.
- Threat (Ancaman)
Adanya ketergantungan produk-produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus
Kekuatan merek lain yang lebih dahulu mengusai pasar
Munculnya produk-produk baru yang
lebih inovatif dari perusahaan lain
Adanya produk-produk dari perusahaan lain yang menawarkan harga yang lebih murah dengan kualias yang tidak kalah bagus
Ketidakstabilan perekonomian tiap-tiap negara
Terjadinya krisis financial menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
Era globalisasi yang dapat mendorong perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi pasar Asia.
0 comments:
Post a Comment