Friday, February 22, 2013





beberapa alasan pentingnya kita menjunjung tinggi martabat manusia !
         Adanya perendahan terhadap martabat manusia dalam berbagai bentuknya.
         Adanya pengrusakan serta pencemaran lingkungan hidup.
         Tindakan biadab terhadap martabat manusia dan lingkungan hidup.

setiap usaha perendahan martabat manusia dan pencemaran lingkungan hidup harus dilawan dan  disikapi dengan benar (sesuai kehendak Allah)!
         Karena tindakan perendahan martabat manusia dan pencemaran dan pengrusakan lingkungan hidup merupakan suatu perbuatan kriminal, yang harus dilawan dengan tegas.
         Karena tindakan ini merupakan tindakan yang terencana dari kaum penguasa dan kaum kaya yang serakah dan jahat. Manusia dan alam sering dikorbankan demi kepentingan mereka.
                                                                                      
Penjelasan :
         Zakheus dikenal sebagai pemungut cukai. Pekerjaan ini dalam masyarakat Yahudi dipandang sebagai pekerjaan yang “basah” artinya mendapatkan banyak keuntungan. Tatapi pekerjaan ini dipandang jahat oleh masyarakat. Pemungut cukai dianggap kolaborator dengan penjajah Romawi  yang suka memeras rakyat. Dengan pekerjaan ini orang bisa memperoleh kekayaan yang dapat menjamin kehidupanny setiap hari. Zakheus pun sebagai pemungut cukai dikenal sebagai orang kaya, namun karena pekerjaannya sebagai pemungut cukai Zakheus dipandang sebagai pendosa yang patut dijauhi.
         Yesus  mempunyai sikap lain terhadap Zakheus, tidak seperti masyarakat Yahudi. Yesus menerima Zakheus apa adanya dan menghargai dia. Yesus bahkan menumpang di rumahnya. Tindakan Yesus ini mendorong Zakheus berbuat kebaikan , seperti : Tuhan setengah dari milikku akan kuberikan kepada mereka yang miskin, dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan padanya (ay 8). Tindakan Yesus terhadap Zakheus merupakan contoh Konkret  bagaimana seharusnya memperlakukan orang lain sebagaimana adanya. Sekalipun dipandang hina oleh masyarakat Yahudi namun Yesus tetap menghargai martabatnya sebagai manusia. Yesus memandang manusia /Zakheus sebagai obyek melainkan sebagai pribadi yang harus dihargai kendati hina, berdosa sekalipun.

contoh-contoh perendahan martabat manusia di dalam hidup sehari-hari !
         Menganggap orang lain tidak mampu
         Menganggap orang lain berdosa (menghakimi orang lain)
         Menghina
         Mengucilkan
         Menganggap orang lain berdosa

bahwa manusia sebagai citra Allah memiliki martabat luhur !
         Sebagai citra Allah manusia mempunyai martabat  yang luhur (Kejadian 1:26-27). Manusia diberi anugerah akal budi, hati nurani, dan kebebasan yang memampukan untuk mengembnagkan dirinya menuju kesempurnaan.
         Manusia juga memiliki kedudukan lebih tinggi dari ciptaan yang lainnya.
         Manusia ditetapkan oleh Allah untuk menaklukkan dan menggunakan ciptaan lainnya serta mengarahkannya menuju kekesempurnaan sama seperti diriNya sendiri.

manusia sebagai citra Allah !
         Manusia adalah citra Allah, manusia mempunyai martabat yang luhur .
         Manusia adalah mahluk Tuhan yang dianugerahi akal budi, hati nurani, dan kebebasan sehingga senantiasa dapat bertindak ke arah kebaikan. Namun kenyataannya, manusia seringkali justru diperlakukan tidak sesuai dengan martabatnya yang luhur.

perjuangan Yesus dalam membela keluhuran martabat manusia !
         Selama hidupNya, Yesus selalu memperjuangkan dan  membela keluhuran martabat manusia. Maka dari itu, setiap peristiwa yang dialami Yesus selalu mewartakan kabar keselamatan dan menghargai martabata manusia.  Sebagai contoh : Yesus menerima Zakheus si pemungut cukai, Yesus mengampuni wanita yang kedapatan berzinah, Yesus menyembuhkan orang yang sakit: buta, lumpuh, kerasukan setan, Yesus juga membangkitkan orang yang mati.
         Apa yang dilakukan oleh Yesus tidak selalu diterima masyarakat Yahudi, bahkan Yesus selalu mendapat perlawanan karena Yesus berbuat baik, tindakan Yesus Benar, dan Tindakan Yesus menggambarkan Allah yang hidup dan berkarya di tengah-tengah umatNya. Namun Yesus tidak pernah takut, gentar karena hal itu merupakan konsekuensi Yesus sebagai juruselamat umat manusia.
   
 penyebab tindakan yang merendahkan martabat manusia !
         Tiadanya penghargaan terhadap hidup
         Adanya anggapan bahwa kedudukan orang lain lebih rendah dari pada dirinya
         Memperlakukan orang lain sebagai objek atau barang
         Orang lain tidak diperlakukan sebagai citra Allah

tokoh jaman sekarang yang mengikuti jejak Yesus dalam menghargai martabat manusia!
         Bunda Theresa
         Mahamatma Gandhi
         Rm. Mangunwijaya

sikap dasar yang diperlukan demi pengembangan martabat manusia !
         Sikap dasar yang diperlukan untuk pengembangan martabat manusia yaitu Kasih.
         Yesus mengajarkan agar hidup kita dilandasi kasih akan  Allah yang terwujud dalam kasih terhadap sesama.


0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube